Wajib Puasa Ramadhan -->

Iklan Semua Halaman

Wajib Puasa Ramadhan

Mahmud Thorif
27 Juli 2011

قَالَ الله تَعَالَى : { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُم الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ } إِلَى قَوْله تَعَالَى : { شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ القُرْآنُ هُدَىً لِلنَّاسِ وَبَيّنَاتٍ مِنَ الهُدَى وَالفُرْقانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُم الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضاً أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أيَّامٍ أُخَر } [ البقرة : 183-185 ] .

Allah Ta'ala berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan puasa atas kalian sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian," sampai pada firmanNya: "Bulan Ramadhan yang di dalamnya itu diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk untuk semua manusia dan merupakan keterangan-keterangan dari petunjuk tersebut dan yang membedakan antara kebenaran dan kesesatan. Maka barangsiapa di antara kalian menyaksikan bulan Ramadhan, hendaklah berpuasa dan barangsiapa yang sakit atau dalam perjalanan, maka hendaknya berpuasa sesuai hitungan yang dia tidak berpuasa pada bari-hari yang lain," sampai akhir ayat. (al-Baqarah: 183)


Keterangan dan pelajaran ayat:

1. Perintah puasa adalah wajib atas semua orang beriman, karena puasa merupakan salah satu rukun iman.

2. Salah satu tujuan puasa adalah supaya manusia bertaqwa, sebab puasa adalah perisai seseorang dari kemaksiatan dan dari api neraka.

3. Keringanan bagi orang yang berhalangan puasa karena sakit berat atau bepergian jauh, yaitu dengan mengganti puasa di hari lain atau membayar fidyah (dengan memberi makan orang miskin).

4. Bulan Ramadlan adalah bulan paling mulia, karena pada bulan tersebut Allah turunkan Al-Quran ke bumi, dan Al-Quran adalah kitab paling sempurna.


Sumber : Makalah Bu Masyitoh, Guru SDIT Hidayatullah