Kiat Sukses Menyambut Ramadhan -->

Iklan Semua Halaman

Kiat Sukses Menyambut Ramadhan

Mahmud Thorif
14 Juni 2011

  1. Tumbuhkan perasaan gembira dan semangat menyambut kedatangan bulan Ramadhan. Ciptakan suasana keluarga dan tempat aktifitas sehari-hari sekondusif mungkin untuk hal itu. Demikianlah Rasulullah Saw dan para shahabatnya menyambut Ramadhan, sebagaimana mereka kemudian bersedih ketika akan berpisah dengannya.
  2. Bersegera dan tingkatkan pemahaman terhadap berbagai ibadah di bulan Ramadhan beserta keutamaan-keutamaannya sebagaimana yang telah diajarkan oleh Rasulullah Saw.
  3. Buatlah program dan rencana aksi tertulis yang matang dan sedetail mungkin untuk berbagai ibadah yang akan kita amalkan, baik ibadah yang bersifat individual maupun yang bersifat sosial. Dengan demikian, maka akan bisa dihindari kemungkinan berlalunya waktu tanpa aktifitas yang jelas dan bernilai pahala.
  4. Jangan lupa juga, bagi yang biasa menunaikan zakat mal di Bulan Ramadhan, untuk memastikan kepada siapa dan / atau melalui lembaga apa zakat maalnya akan disalurkan. Pastikan ia tepat sasaran.
  5. Oh ya, bagi kaum muslimin yang biasanya sibuk mempersiapkan berbagai keperluan untuk menyambut hari raya Idul Fitri, kalau tidak bisa dipersiapkan sebelum Ramadhan, usahakan agar sudah beres di awal-awal bulan. Bukankah di sepuluh hari terakhir harus lebih all out melaksanakan ibadah?