Di Balik Layar -->

Iklan Semua Halaman

Di Balik Layar

Mahmud Thorif
28 Desember 2019

Sering kita mendengar, membaca, memperhatikan bahwa ada orang-orang hebat di belakang orang yang hebat, ada orang-orang yang tangguh di belakang orang tangguh, ada orang-orang yang brilian di belakang orang yang brilian, ada ibu yang cerdas dan belakang anak yang cerdas, ada ibu yang shalihah di balik anak-anak shalih/shalihah.

Sering juga kita merasakan bersih dan wanginya hotel karena OB-OB yang bekerja siang dan malam demi kenyamanan para pengunjung, lestoran-lestoran mewah dan megah yang terlihat bersih dan indah karena ada para pekerja di sana. Pesawat yang nyaman dipakai, karena ada banyak kru yang melayaninya.

Itulah orang-orang yang ada di belakang layar. Yang tidak pernah tampak ke permukaan. Kerja mereka hanya di belakang layar, namun sungguh dampak mereka sangat berarti bagi hidup dan kehidupan manusia.

Jika anak yang dilahirkan bukan darti rahim ibu yang shalihah, kemungkinan kecil anak tersebut tumbuh dalam belaian kasih sayang seorang ibu, anak tersebut besar dalam pendidikan yang baik, anak tersebut mendapat perhatian dari orang tuanya dengan baik. Sehingga anak tersebut dibesarkan, diasuh, dan dibuai dalam kasih sayang, dengan cinta, dan dengan kelembutan kedua orang tuanya.

Jika hotel-hotel berbintang tanpa ada pekerja yang rela meluangkan waktu untuk bekerja siang dan malam, tentulah kenikmatan yang diberikan oleh hotel tersebut tidak sempurna, kenyamanan yang ditawarkan hotel tersebut tidak menarik, nikmatnya makanan yang ada di hotel tersebut tidak bisa dirasakan. Karena ada 1, 2, 10, 20, 100, atau 200 bahkan ribuan prang yang rela dibayar, diupah sebagai pekerja.

Orang yang di belakang layar memang tidak pernah mendapat pujian, orang yang di belakang layar memang tidak pernah terkenal, orang yang di belakang layar memang jarang mendapat penghargaan. Namun sungguh, kerja keras mereka bisa dirasakan oleh banyak orang.

Maka,
Jadilah manusia di belakang layar yang baik dan membaikkan.

TMT
Foto ATIN