Melihat dari Dalam -->

Iklan Semua Halaman

Melihat dari Dalam

Mahmud Thorif
07 Juli 2020
Masih tentang melihat, sebuah kata kerja yang memerlukan energi untuk melakukannya, dengan menyiapkan pancaindera mata untuk melihat objek, menggunakan akal pikiran untuk menguraiakannya, dan menggunakan hati untuk menyaringnya. Melihat tentu diperlukan banyak proses di dalamnya.

Melihat dari dalam. Ini biasanya dilakukan oleh si tuan rumah, atau orang yang terlibat di dalam rumah atau organisasi.

Kalimat-kalimat optimis, pesimis, harapan, dan banyak lainnya akan muncul dari lisan-lisan orang-orang yang di dalam ini. Karena mereka memahami kondiri yang sebenarnya dalam tubuh mereka. Apakah tubuhnya sekarang dalam kondisi demam sehingga memerlukan obat anti panas, apakah tubuhnya dalam kondisi batuk sehingga memerlukan obat pereda dan penghilang batuk, atau tubuhnya sedang dalam kondisi fit sehingga siap berlari dengan cepat. Pun demikian dengan sebuah organisasi.

Nah, semua itu yang paham adalah orang-orang yang dalam organisasi, bagi orang yang di luar mereka hanya mampu mengamati yang terlihat kasat mata dari luar.
Baca : Melihat dari Luar
Melihat dari dalam, tentu setiap person akan berbeda-beda pandangannya. Jika ia seorang ketua, akan melihat kinerja bawahannya, jika ia seorang bawahan tentu pula akan melihat atasannya. Dan setiap penglihatan dari perso-person yang ada dalam sebuah organisasi hendaknya dijadikan acuan untuk memperbaiki diri.

Melihat dari dalam, tentu jika sudah terlihat jelas kebutuhan apa yang harus dipenuhi oleh sebuah organisasi harus segera dieksekusi. Penglihatan orang dari luar bisa menjadi acuan ornag-orang yang di dalam dalam membuat kebijakan.

Melihat dari dalam, tidak sekadar mencaci atasan atau bawahan jika memang kondisi organisasi sedang tidak sehat. Carilah setiap kelemahan dan carikan pula formula atau solusi untuk menguatkannya, tentu jika menemukan kekuatan, tambahkan formula agar kekuatan itu semakin bertambah.

Melihat dari dalam, adalah sebuah evaluasi untuk berbenah diri. Maka lihatlah dari bermacam sudut di setiap ruangan. Lihatlah dari teras, lihatlah dari ruang tamu, lihatlah dari kamar, lihatlah dari ruang keluarga, lihatlah dari ruang dapur, lihatlah dari kamar mandi, lihatlah dari ruang gudang, lihatlah dari halaman belakang, bahkan lihatlah dari atap rumahmu.

Selamat melihat dari dalam, insyaAllah akan segera tayang "Melihat dengan Hati".

TMT