Beramal Melalui Media Sosial -->

Iklan Semua Halaman

Beramal Melalui Media Sosial

Mahmud Thorif
10 Januari 2019

www.emthorif.blogspot.com || Jaman sosmed ini, ada orang yang ingin semua kegiatan diinformasikan ke orang lain. Baik melalui website pribadi, facebook, instagram, twitter, path, youtube, dan status whatsapp, serta lainnya. 

Sosial media memang sekarang hampir semua orang memiliki. Mulai dari anak-anak balita yang sengaja dibuatkan oleh orang tuanya sampai ke orang-orang tua. Mereka ingin eksis di dunia maya. 

Tidak sedikit orang berbeda pemahaman dengan sosmed ini. Ada yang tidak setuju segala kebaikan yang sedang dilakukan diumbar ke khalayak melalui media sosial karena itu bagian dari riya' alias pamer. Sehingga tidaklah perlu menyebarkan kebaikan-kebaikan yang telah, sedang, atau bahkan akan dilakukan. Misalnya apa, "Alhamdulillaah bisa bagun malam untuk tahajud", "Alhamdulillaah, berkumpul dengan orang-orang shalih", dan lain sebagainya.

Tentu ini ada dampak baik atau buruknya. Dampak baiknya adalah bisa menginspirasi orang lain untuk berbuat semisal dengannya. Kalau dampak buruknya ya dianggap riya, mengurangi keihklasan, dan banyak lagi sebutan-sebutan negatif.

Hehehe... kalau penulis berpendapat sih tergantung niat hati. Kalau hatinya berniat untuk pamer kebaikannya ya tentu yang diperoleh hanya pujian manusia, kalau niatnya semata untuk mengajak orang lain berbuat baik tentu akan mendapat pahala serupa jika ada orang lain yang berbuat baik karena terinspirasi olehnya.

Nah, jadi amalan yang diunggah melalui media sosial ini tentu akan menjadi amalan kebaikan, jika mendatangkan orang untuk berbuat serupa. Lihatlah Ustadz Abdul Shomad, Lc, MA, yang video di youtube nya sudah banyak akun yang menguploadnya. Ada akun-akun yang memang fokus dakwah dan tidak banyak akun-akun yang hanya mencari dollar melalui iklan yang masuk.

Sekali lagi tergantung niat si pemilik akun, apakah murni karena Allah atau hanya mencari pujian dari manusia. Itulah yang akan ia dapatkan.

Salam Prabowo Sandi

@emthorif
Foto : google